19 Jul 2010

HERITAGE THEME


actually, it was a small and short trip from me and friends. jarang-jarang kita bertiga lagi punya ide ngga biasa bikin holiday trip dengan tema HERITAGE. secaraaaaaaaa … tiap kali weekend atau ada waktu buat hangout bareng ujung-ujungnya nge-mall. maklum … rada ngeblank kalau soal tempat tujuan hangout happening di Kota Surabaya [yess … we are Bonekers!!] gara-gara predikat anak rumahan. hehehe.
Dua minggu lalu, three of us memang pas banget punya waktu buat hangout bareng. dan karena kebosanan liat mall di Surabaya yang memang itu-itu dan begitu-begitu saja, tersiratlah tujuan weekend destination yang ngga biasa. sebagai BONEKERS atau warga Surabaya asli, pengetahuan soal tempat-tempat historis alias bersejarah di Surabaya kita minim banget. kita cuma tau kalau Surabaya juga punya kota lama seperti kota lama yang ada di Jakarta, yang kelihatan dari bentuk bangunan dan suasana kawasan yang koloni banget. that’s it! embarassing ‘kan? main atau hangout ke kawasan bersejarah itu pun jarang dan cenderung ngga pernah. maklum, tempat tinggal kita yang di bagian selatan Surabaya, kawasan pertokoan yang pas di tengah Kota Surabaya jauh lebih terjangkau dari segi waktu, tenaga, dan akomodasi perjalanan.
singkat katanya, ngga terlalu jauh dari rumah, cuma sejam perjalanan kalo macet bahkan bisa cuma 30 menit kalo jalan bener2 luang, dengan kondisi iklim Surabaya yang sering2nya terik oleh matahari, dan otomatis asupan perut pun cukup bawa bekal dari rumah atau isi ‘bahan bakar’ dulu di rumah baru hangout. hehehe. while, kawasan kota lama Surabaya pas di bagian utara Kota Surabaya yang kalo diliat di peta atau google earth tentunya langsung berbatasan sama Laut Jawa. kebayang aja gimana ‘keren’nya kita kalo harus menempuh perjalanan berjam-jam dan pertimbangan2 lain tadi yang sudah dijelaskan kalo hangout ke kawasan itu. tapi … lagi-lagi karena alasan bosan nge-mall kita bertiga ‘nekat’ buat ngelakuin hal yang diluar kebiasaan …


Destinasi #1 : DAY AT MUSEUM – HOUS OF SAMPOERNA
hos_inijiedotcom
Setelah browse ke mbah Google soal beberapa museum di Surabaya, akhirnya tempat happening pertama yang dipilih jadi destinasi awal di liburan weekend kali itu goes to museum. lebih tepatnya House of Sampoerna. denger kata Sampoerna yess bener banget kalo yang dimaksud adalah salah satu perusahaan rokok terkenal di Indonesia. takjub juga sama Sampoerna bisa bikin destinasi liburan yang oke di Surabaya. kalo ngeliat dari foto-foto lama yang dipajang di dalem museum siy, bangunan House of Sampoerna ini bangunan bekas pabrik Sampoerna yang memang udah ada sejak lama. sayang banget pas kesana ngga bawa kamera poket jadi ngga bisa nunjukin gimana bentuk bangunan dulunya. so, saran buat yang memang mau ke kawasan ini barang wajib ada dan ngga boleh ketinggalan adalah KAMERA!! i’ll explain to you later why it a must stuff in this area.
kalo ada yang mencibir dan terheran-heran apa kerennya hangout ke museum, dijamin museum ini berbeda dari imej museum selama ini, yang punya tampilan kuno, pengap alias lembab karena aroma barang-barang lama, layout ruangan yang ngebosenin, atau lain sebagainya, ngga bakal ditemui di museum ini. mau AC? ada. mau Guide/pemandu yang keren [read : cantik atau ganteng] ? available [hehehe …]. layout ruang pamernya juga seru, bahkan ada beberapa spot yang jadi spot andalan pengunjung buat pose. dan yang terpenting adalah … GRATIS. LOL. yupp … bener banget masuk ke museum ini gratis alias gretong alias ngga dipungut bayaran. termasuk parkir kendaraan yang ngga dipungut bayaran dan justru dijaga bapak-bapak satpam yang sopan dan ramah banget. kalo ngga nyaman sama guide yang biasa ngikutin kita kemana-mana, ngga masalah. kita bisa nikmatin isi museum without them. tapi buat yang memang pengen tau sejarah Sampoerna lebih detil boleh pakai guide yang pasti ada didalam museum. untuk lebih jelas kalo pake guide jujur aja saya ngga bisa ngasih deskripsi lebih lanjut karena saya dan teman-teman lebih nyaman kalo tanpa guide.
bangunan kompleks museum Sampoerna terdiri dari 3 bangunan utama, ada rumah bekas pemilik Sampoerna jaman dulu, bangunan utama yang  sekarang jadi museum yang dulunya adalah pabrik Sampoerna, dan bangunan ketiga yang sekarang jadi cafe dan dulunya juga bekas bangunan tempat tinggal keluarga pemilik Sampoerna. based on informasi yang saya baca di museum siy dulu pemilik Sampoerna punya keharusan seluruh anggota keluarga harus tinggal didalam lingkungan pabrik. bangunan eks bangunan tempat tinggal sayangnya ngga bisa dimasukin atau tertutup untuk umum. mentok kita cuma bisa narsis didepan bangunan aja. oya … ada juga mobil kuno pemilik Sampoerna yang dipajang di pelataran museum dan jadi salah satu spot andalan pengunjung buat narsis. sampurna
bangunan utama museum sebenernya ngga terlalu besar. kerasa dari ruang pamer museumnya yang memang ga terlalu luas dan terdiri dari 2 lantai. lantai 1 tentunya berfungsi jadi ruang pamer benda-benda kuno atau bersejarah dari Sampoerna itu sendiri. mulai dari jenis tembakau, foto jajaran direksi perusahaan mulai awal sampai sekarang, beberapa foto kompleks pabrik Sampoerna jaman dulu, benda-benda kantor seperi meja, kursi kuno, hasil produksi Sampoerna, beberapa alat produksi kuno yang masih serba manual, dan yang lumayan menarik perhatian saya siy justru jenis pack rokok yang pernah diproduksi. eh ,,, ternyata ada lowh pack rokok Sampoerna edisi istana negara kita? dengan lambang Garuda tentunya. kalo ngga salah liat, pack rokok jenis itu muncul di jaman presiden pertama kita. ngga cuma jenis-jenis pack rokoknya aja tapi juga termasuk jenis-jenis korek api mulai dari yang korek api kayu sampai korek api yang sekarang biasa kita pakai. yang bikin spesial tentunya packaging yang limited edition dan udah ngga produksi lagi. while, lantai 2 lebih ke ruang pamer foto-foto kegiatan yang pernah diadain atau disponsorin Sampoerna seperti beberapa acara konser musik di Indonesia, booth merchandise Sampoerna seperti t-shirt, mug, pin, dan lain sebagainya yang bisa kita beli, beberapa pajangan lukisan, dan batik tulis yang bisa kita beli juga. intinya siy lantai 2 museum ini lebih ke konsep merchandise gitu kali yah?? tapi dari lantai 2 kita juga bisa liat ruang pabrik Sampoerna jaman dulu. jadi kalo boleh saya deskripsikan, tepat dibelakang bangunan museum utama ada ruangan bekas pabrik Sampoerna yang cuma bisa diliat dari lantai 2 museum aja. dan kita ngga bisa masuk ke dalamnya. padahal masih keliatan lengkap peralatan produksi rokok Sampoerna. bakal lucu kali yah kalo pengunjung bisa masuk ke dalem pabrik dan nyobain produksi atau ngelinting rokok? sayangnya lagi, dari lantai 2 itu kita ngga dibolehin take picture meskipun pake kamera ponsel. paham siy, barangkali masih ada ‘rahasia’ produksi yang ngga bisa diketahuin banyak orang.
ngga banyak yang bisa diceritain dari bangunan ketiga di kompleks museum ini. selain model bangunan yang memang masih asli, bangunan ketiga di kompleks museum ini berfungsi sebagai cafe Sampoerna. beberapa tahun yang lalu saya pernah nemenin kakak ke dalem cafe ini buat hunting spot buat foto prewedd. jujur aja, kerennnnnn abisss dalemnya. singkat kata siy, old fashioned outside, but you’ll got urban style inside. kebayang kan? tapi lagi-lagi ngga bisa deskripsikan kondisi didalam cafe karena waktu itu ngga lama-lama di dalem. oya … FYI … buat yang mau cari spot buat foto prewedd museum ini udah sering banget dipake. silahkan googling yah?? hehehe. dan nurut info waktu itu, seandainya mau sewa museum itu, kita dibatasin di 2 sesi waktu. antara jam 6-9 siang atau jam 3-6 sore. diluar jam itu museum bakal banyak pengunjung baik pengunjung museum atau cafe. but … correct me if i’m wrong yah, cos info ini kurang lebih info 2 tahun yang lalu. kurang tau lagi updatenya gimana.
1.1254393848.4_y
fasilitas lain yang ada di museum ini adalah bus wisata yang bisa kita ikutin secara individu dan in group. rute bus wisata ini ada 2 macam, museum-taman surya-museum dan museum-tugu pahlawan-museum. jadwal bus wisata sebenernya lumayan banyak kok. mulai dari jam 9-3 sore. tapi jangan ditanya kalo giliran weekend atau liburan. mesti beberapa jam sebelumnya kita pesen tempat. contohnya saya dan teman2 kemaren. karena baru sampai museum jam 12 siang, sementara bus wisata memang jadi inceran setiap pengunjung museum, jelas kita ngga bisa dapet tiket bus wisata. tenang aja … lagi-lagi Sampoerna keren abis cuma narik bayaran buat tiket bus wisata Rp. 2000,- . murah abissss dengan kondisi bus wisata yang lagi-lagi beda dengan bayangan kita soal bus wisata yang jorok, panas, dan kondisinya ngga layak tampil. bus wisata Sampoerna oke kok. ber-AC meskipun ukuran bus ngga terlalu besar. dan lagi-lagi sayangnya waktu itu bus wisata udah keburu jalan jadi ngga bisa keambil fotonya. hehehe.
that’s it!! memang jujur aja museum Sampoerna ini ngga begitu besar jadi kalo boleh saya perkirakan paling ngga kita bakal betah disana antara 1-2 jam. keculi memang mau hunting foto bener2 mungkin kita bisa berlama-lama disana. karena memang bener spot-spot museum oke buat jadi latar foto. oya satu lagi, kamera bakal jadi barang yang diandalkan kalo kalian jalan2 di sekitar museum ini. namanya juga kota lama. bakal banyak ‘tembok’ eksotis yang bisa jadi background narsis. hehehe ngerti maksudnya kan?? selebihnya buat yang pengen tau soal museum ini bisa klik http://houseofsampoerna.museum/e_sht_main.htm

DESTINASI #2 : THE OTHENTIC ONE – ZANGRANDI ICE CREAM
ZANGRANDI SEKARANG  destinasi kedua ini memang sengaja request dari salah satu crew kali itu. kenapa pilihannya ice cream karena Surabaya memang lagi panas-panasnya.  jadi bakal seger rasanya kalo bisa ngadem pake ice cream. hehehe.
buat yang tau Toko Oen di malang, resto historis model kolonial di Kota Malang, well … Zangrandi tempat ice cream historis di Surabaya. sebenernya bisa aja kalo mau ngadem, kita makan ice cream Zangrandi di mall karena memang sudah lumayan banyak cabangnya di Surabaya. tapi karena memang temanya heritage, kita bertiga milih tempat yang otentik. Zangrandi di Jalan Pemuda Surabaya. tepatnya di depan balai pemuda atau bioskop mitra. ngeliat tempatnya jujur aja rada males, karena memang persis di pinggir jalan, ngga ada lahan parkir, dan memang ngga boleh parkir on street di sepanjang jalan itu, kita mesti ribet cari tempat parkir dulu. jadi suggest buat yang mau ke tempat ini, sabar-sabar aja buat cari tempat parkir di gedung-gedung sekitar. sekedar saran, buat yang bawa kendaraan roda empat bisa parkirZANGRANDI TEMPOE DOELOE di banguna
n hotel yang ada persis disebelah Zangrandi [lupa nama hotelnya], di ruko pertokoan disebelah Zangrandi, atau di Balai Pemuda yang mungkin sedikit lebih nyaman karena parkiran lumayan luas. selebihnya cuma perlu jalan kaki atau nyeberang jalan semenit. ga sampe bikin betis berkonde kok. hehehe. tapi beda urusan kalo memang ngga ada lagi lahan parkir di tempat2 yang tadi saya sebutkan. derita lo deh … LOL .
  next, bout the place. kalo mau ngerasain meneer dan noni belanda hangout jaman dulu ya silahkan ke tempat ini. keliatan dari model bangunan, meja dan kursi yang lumayan otentik. masih model meja bunder marmer dan kursi rotan pendek. lagi-lagi saran kalo mau ke tempat ini, mending pas malem aja. bakal keren karena view lampu kota dan hiruk pikuk kota, karena memang lokasinya yang pas di jalan utama dan dipusat kota Surabaya. tapi jangan ditanya yah soal kenyamanan tempatnya terkait hawa Surabaya yang panasssss terikkkkk. tempat ini ngga ber-AC. meskipun deretan table di teras bangunan dan lumayang terbuka, tetep aja ngga bakal bisa bikin adem kar
ena hawa Surabaya yang jauh lebih terik. berharap aja bakal banyak angin yang sepoi-sepoi. hkhkhkhk. tapi tenang aja, teras yang saya maksud beratap permanen kok. jadi ngga bakal kehujanan, yang bikin terbuka karena posisi meja di teras dan ngga ada kaca etalase atau pintu.
now, about menu and price. range harga es krim di Zangrandi ngga terlalu mahal kok. sebanding sama ke-historisan tempat ini. kalo boleh sekilas disebutin range harga antara Rp. 15.000,- sampai Rp. 40.000,- . tapi kalo memang berniat buat makan berat, jangan ke tempat ini. karena di Zangrandi  otentik cuma ada es krim dan kudapan aja. dan menu ice cream yang bisa saya rekomendasikan, kalian bisa nyobain NOODLE ICE CREAM. yupp … es krim disajikan a’la noodle atau mie di mangkuk lonjong mirip kalo kita makan lasagna. pilihan ini sebenernya pilihan temen, sementara saya sendiri pesen COPACABANA yang juga ngga kalah enaknya, tapi jujur noodle ice cream the best diantara pilihan kita bertiga waktu itu. soal porsi tenang aja. ngga bakal bikin kekenyangan tapi juga ngga bakal bikin kelaperan. pilihan menu ketiga waktu itu MACEDONIA. buat yang suka aroma rum atau alkohol atau liquire, bisa order menu ini. kerasa banget liquire nya. dan bentuknya lucu. hehehe. while my copacabana, lebih ke rasa kopi-COPACABANAmocca dengan sedikit potongan buah. buat yang memang doyan sama es krim asli bangsa koloni, boleh nyoba Zangrandi. tekstur es krimnya lembut banget. otentik MACEDONIABelanda banget. lagi-lagi ngga usah sungkan kalo mau foto-foto di tempat ini cos banyak pengunjung yang suka narsis di tempat ini meskipun di pinggir jalan sekalipun. mengingat posisi bangunan Zangrandi yang pas nempel sama pedestrian jalan dan kondisi pedestrian di jalan ini yang sekarang udah oke. oya … satu lagi, cari waktu yang emang ngga pas liburan, peak time, kalo emang tujuannya buat hangout NOODLE ICE CREAMngobrol bareng temen. cos di waktu liburan, weekend, atau jam peak tertentu tempat ini bakal rame.
    ***
so … hangout trip ended with bioskop XXI. hkhkhkhk. kalo yang ini siy ngga otentik sama sekali atau ngga ada hawa heritage-nya. karena memang masih ada sisa waktu yang masih lumayan sore kalo langsung pulang, ujung-ujungnya nonton deh. yang ini mah ngga perlu diceritain. ngga sesuai tema blog post kali ini. hehehehe. niat sebenernya destinasi ke-3 ke Monkasel. buat yang ngga tau Monkasel kepanjangan Monumen Kapal Selam. ngga bisa dibilang heritage juga karena monumen kapal selamnya lumayan baru, dibangun sekitar tahun 2000-an. tapi lumayan connect-lah sama history Kota Surabaya yang kalo dari perkembangan wilayahnya bisa keliatan ngikutin jalur Sungai Kalimas yang ngebelah barat – timur Kota Surabaya, sekaligus memang punya maritim yang solid banget se-indonesia. semboyannya JALESVEVA JAYAMAHE. kalo pernah lihat patung perwira di ujung pelabuhan Tanjung Perak Kota Surabaya [a’la patung liberty], bakal ada tuwh tulisannya. arti singkatnya "Di Lautan Kita Jaya". jadi … destinasi Monkasel masih bisa dihubungin siy sama tema heritage trip kita kemaren. hehehhe. but next time mungkin. ngga sempat kesana karena ngeliat kondisi pengunjung yang rame abisss dan full sama anak kecil!!!! ribet bin berisik pastinya …
here’s today sneak peak. oya … beberapa gambar taken from google search dan koleksi pribadi. dan kalo memang ada yang kurang lengkap atau kurang bener mohon maaf sebelumnya. ditunggu koreksi temen-temen …


LOVE YOU ALL …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Rika & friends ...