19 Jul 2010

FISH HATER!!!!!

do not hate me when i say ... I HATE FISH!!
ga tau kapan mulainya, yang jelas dari kecil ngga pernah suka sama yang namanya makanan yang judulnya IKAN. dan segala macam bentuk saudara2nya such as udang, cumi, kepiting, etc. pokoknya yang berbau makhluk air ga ada yang doyan. kalau kata mama siy dulu pernah kecemplung kolam ikan di rumah saudara yang abis sejak itu benci banget sama yang namanya ikan. T_T . ngga peduli even dokter sekalipun yang bilang kalau ikan itu full of vitamin, good mineral for body, mind, or brain. sekali ngga suka, tetep ngga suka. sampe sekarang.
tapi ada kejadian lucu beberapa tahun lalu, pas one of BFF dGoss ke malang with her family [Nad, you owe me once!!!]. diajaklah gw ikut lunch bareng disalah satu family resto di Kota Malang yang memang lumayan terkenal makanannya. if I may mention the name, Batavia Resto. position at Jalan Jakarta, Malang. pulang kuliah, jemput temen satu lagi, trus meluncur ke resto yang udah di-SMS-in by nad. everything went smoothly at that time. ga uda curiga dan bahkan udah kepikiran bakal pesen menu apaan ntar. yumO! sluuurrrrppppp!!!!!! tapi emang dasar bego, namanya juga family resto jelas aja keluarga Nad pesen makanan buat family. jadilah gw dateng ama temen gw [read : erNa] makanan udah served di meja. dari jauh kepikir lumayanlah, ga perlu bingung kudu pesen apaan n tampilan meja udah mulai keliatan wujudnya. makan gratis, anak kos, perfect combination!!!
lil by lil, mulai keliatan wujud sebenernya di meja makan itu ada apa aja. dan semuanya adalah ....... Gurami bakar, Sup Ikan Asam Manis, Cumi goreng mayonise, udang goreng tepung. my Gosh ..... it's nightmare!!!!!!!!! mana si gurami bakar pas banget dibangku tempat gw duduk pula. double plus plus enegnya. ilang langsung nafsu makan. abis basa-basi sejenak dengan sang tante n om dengan ngga full of concentration, duduklah gw sambil nelen ludah, bingung makanan apa yang bakal gw makan, while semua orang di meja itu dengan lahap seru nyomot ikan dan teman2nyah. tiba-tiba si tante bilang, "Rika, siniin mangkoknya. tante ambilin sup-nya. enak niy ...." ostomastis tangan ngejulurin mangkuk didepan idung ke tante. dannnnnn ......... si tante ngambilin semangkuk penuh isi cumi, daging kakap, kepiting, dan kepala ikan!!!!!!!! huuuuuueeeekkkkkk ........... kalo inget kejadian itu, kadang masih eneg kalo liat sup-nya. keringet dingin dah pas itu. well ... itu cuma cerita beberapa tahun yang lalu bikin memori abisss karena si Mama pas diceritain ngakak abis dan ngeceng2in for the rest of the week. hiyaaaaa .........

daaaaaaannnnnnnn .................. yg bikin tulisan ini muncul adalah si Bapak Boss kerjaan gw. yesss ... 4 bulan belakang ada kerjaan bantu dosen. masih kerjaan di Lumajang if you notice at my previous post. karena terlalu dan udah melanglang buana ke pelosok Lumajang, si Boss dengan bangganya bilang [read : ALWAYSSSSSSSSS ......] tentang one culinary spot di Lumajang yang katanya mantab surantab dan ngga ada tempat seenak ini tempat, di kota manapun. Warung Bu Winoto. kurang tau juga kalian khususnya yang asli banana city a.k.a Lumajang pernah tau tempat ini atau ngga dan punya opini yang sama atau ngga. dari cerita yang di eksplor si Bapak siy sounds good, sederhana, dan sedeeeepppp manteeebbb gitu. sebelum masuk ke inti cerita sebenernya, let me explain where the place is. tentunya terletak di bagian Kabupaten Lumajang, ngga pernah tau nama daerahnya mana, tapi yang jelas kearah daerah Kunir di sebelah timur Lumajang. kalo dari arah kota lumajangnya, tempatnya somewhere in the middle sebelah kiri jalan arteri nya. kalo buat yang penasaran tanya aja ke orang2 sekitar mereka pasti tau. cos it seems a famous place at Lumajang. so .. lanjut ke cerita. ngeliat dari kawasannya yang lumayan masuk ke permukiman pedesaan di area sekitar memang udah pasti kebayang kalau Warung Bu Winoto itu bukan tempat makan besar atau layaknya depot atau rumah makan a'la tempat peristirahatan bus, travel dan semacamnya. dari jalan utama kira2 masuk ke permukiman penduduk sekitar 500 meter. ngga jauh siy. mobil tetep bisa masuk. dan ... voila!! persis dengan dugaanku. warung sederhana yang dari bangunannya keliatan banget kalau itu bangunan tambahan di pekarangan rumah si Mbah Winoto. heheh ... kalau dari keterangan si Boss siy yang namanya Bu Winoto ya si Mbah yang eksis terus duduk di teras rumah. piss mbah ... dengan segala deskripsi tempat makan yang satu ini, i have no problem at all!!! gw ngga pernah repot, ribet, mikir, atau apapun istilahnya sama urusan yang begituan. yang penting tempatnya historis, enak makanannya, ngga masalah mau di emperan, resto mewah atau kaki lima sekalipun. cuma satu hal yang bikin gw rada shock dan nelen ludah kenceng2. kebayang kan tulisan menu a'la warung atau depot kecil yang suka ditulis, ditempel pake stiker di kaca warung? dan pasti bisa kebaca kalau tulisan menu yang dipamerin di kaca laknat itu adalah ........ WADER, ULING, BOTOK TAWON, IKAN BAKAR, ES TEH, ES JERUK, etc .. etc ... . yaaaaaaakkkkkkkkkkk ...................... bageeeeeeeeeeuuuuuuuusssssssss!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! berhubung perginya serombongan bersembilan orang dan ngga pake ada babibu si Boss buat nawarin mau makan apa. yang ada dipikiran cuma, "mampus aku!!! makan apa aku ini?? ngga mungkin juga pake alasan puasa, cos selama perjalanan n aktivitas sehari itu gw pegang botol minuman kemana2. wish there's chicken or others inside... bismillah!!!!" lil bit lebay siy pake bawa2 Tuhan xixixixi..... ngeliat ekspresi semua orang yang seakan2 bilang, "okey ... this is my kind of place .." kebayang aja keringet dingin gw padahal you know-lah ... Lumajang bukan daerah gunung. yang normal adanya cume keringat 'panas'. dan kedelapan orang yang lain jelas pada ngga tau kalo gw ngga bisa makan yang berbau fish dan sebangsa setanah air nya. setelah masuk, ambil spot sejauh mungkin dari Bapak2 biar ngga ditanya macem2, lhaa kok malah si ibu pegawai warungnya langsung nyodorin tuwh yang namanya ikan wader, botok tawon, botok uling, udang goreng, sayur lalapan, nasi putih berbakul2 plus piring kosong. 2 hal yang cuma perlu nunggu is pesenan minum, request seberapa pedes sambelnya, n kobokan. dan si mbak boss pun nyeletuk dari ujung meja, "rika ... ayo mau yang mana? dihabisin lowh ya ... " hkhkhkhk ..... dan gw cuma bisa senyum kecut n ngebisikin temen disebelah gw, "ada ayam ngga?" dan temen gw jawab,"mau ayam? kayaknya ngga ada deh ... liat orang2 laen ngga ada yang makan ayam. coba tanya aja," okey!!!!!!! kalo pake nanya2 gitu ngga pake deh ... tengsin cing!! kalo seluruh isi warung itu makan makanan 'aneh' yang ada di depan gw, bakal lebih aneh kalo gw pesen yang ngga mereka pesen. i would be the weirdo of that day. dan akhirnya gw cuma bisa bilang,"mau dunk udangnya ..." yup!! diantara makhluk2 perairan itu, gw paling toleran sama udang. itupun sebenernya cuma tega makan kalo dia di goreng tepung. cos gw ngga bakal ngeliat muka si udang atau body nya. mentok cuma liat ekornya doang. LOL. gw yakin tiap orang pasti ada makanan yang ngga disuka. dan gw yakin kalian pasti kebayang kan gimana rasanya makan sesuatu karena kita ngga suka setengah mati sama makanan itu. dengan sangat teramat terpaksa gw makan itu udang plus nasi segunung n sayur lalapan biar ngga terlalu kerasa si udang.
hmmm .... sebenernya, jujur aja, enak banget tuwh warung. hehehehehe .... sambelnya mantep, sayurnya juga rumahan banget rasanya, dan taste minyak sisa gorengan udangnya juga mantabbb abisss. dan kalau ngeliat orang2 yang dateng kesitu, singkat kata ngga bisa dianggep remeh ni warung. karena rata2 yang dateng pasti bawa mobil dan bukan sekedar mobil plat Lumajang atau daerah sekitarnya. plat L sampai plat B pun gw pernah liat. diluar bener atau ngga nya isi dari mobil itu bener2 orang luar kota atau orang lokal yang cuma numpang beli di kota2 besar itu. dan ngga adil juga rasanya nge-judge tempat kuliner cuma dari 'luar'nya. but it did amaze us at that time. courious, hari itu serba kebetulan atau Warung Bu Winoto memang udah terkenal di luar daerah Lumajang. kalau ngeliat posisi warungnya yang masih masuk dari jalan utama, jelas2 niy warung something.
cerita Warung Bu Winoto ngga berhenti sampai kejadian hari itu. next story of Bu Winoto pun berlanjut beberapa minggu yang lalu. masih dengan keperluan pekerjaan, gw harus ikut nemenin Boss ke Lumajang buat ngurus tetek bengek kerjaan. dan karena memang ngga terlalu urgent, pergilah gw bareng Boss A dan Boss B [maap yah .. ngga bisa nyebutin namanya. sebut saja Bunga ... LOL]. lagi2 karena memang namanya anak buah dan beliau2 ngga pake babibu, we back to Bu Winoto's place. karena pengalaman sebelumnya, paling ngga gw udah bisa kira2 gw bakal makan apa. no worry deh hari itu pokoknya. stock air mineral botolan di mobil pun masih banyak seandainya gw 'anfal' enegnya. hehehhe .... dan memang rasanya udah kebiasan niy warung ngga pake babibu nawarin kita mau makan apa, a'la rumah makan padang yang pake langsung naruh berpiring2 menu di meja kita gitu kurang lebih bentuknya, piring2 yang terhampar di depan gw pun consist of ikan wader, botok uling, botok tawon, lalapan, nasi putih dan piring kosong. lagi2 yang kudu bikin kita nunggu cuma pesenan minuman, sambel, dan kobokan. daannnnn ......... gw langsung notice kalo menu hari itu kagak ada udangnya!!!!!!!! hkhkhkhkhk kacau lagi, dagdigdug lagi dah gw. bingung mau makan apa. ngeliat tumpukan menu di etalase sajian warung juga lagi sepi. dan ternyata si ibu penjaga warung bilang lagi rame hari itu dan kita kesorean. emang udah lumayan sore waktu itu. oiya .. FYI, tuwh warung buka dari pagi sampe sore. jam 3an aja menu yang ada udah menu sisa. ngga sekomplit kalo pagi. dan Boss B nyeletuk, nanya gw mau makan apa cos beliau duduk paling deket ama gw while Boss A masih sibuk cuci tangan. dengan berat hati harus saya katakan ..... saya memilih menu IKAN WADER kala itu. dasar pertimbangan memilih menu itu karena Ikan Wader kecil2, lebih gede dari ikan asin siy, dan ngeliat bentuknya yang lumayan 'ancur', saya yakin sanggup melalui sisa hari ini [apaaaaa coooooobbbbaaaa??]. keliatan ancur karena seperti pada umumnya ikan wader dimasak goreng kering atau kita biasa bilang 'kriuk-kriuk' gitu modelnya jadi wajar kalo ada bagian ikan yg ancur karena goncangan [hiyaaaaa!!!!!]. ikan asin bangetlah presentasinya. hkhkhk. dan dengan sepenuh hati gw berdoa dalam hati,"Tuhanku ... moga2 ini rasanya enak n ngga bikin gw trauma. amin!!". FYI lagi, karena tampilan a'la rumah makan padang yang langsung disajikan sepiring penuh, jadi bakal rugi pas bayar kalau makanan yang kita ambil ngga habis. jadi dengan alasan itu Boss B ngambil tuwh sepiring penuh ikan wader dan naruh pas didepan hidung trus bilang,"dihabisin rika. saya makan botok ulingnya aja. atau rika mau juga botoknya?". karena ngga tau tuwh botok uling apaan gw jelas nanya dunk,"uling apaan pak?". dengan style santainya ngebuka tuh daun pisang pembungkus botok a'la Pak Bondan Winarno [read : wisata kuliner], tampaklah si Uling,"naaa .... kayak gini rika. apa ya .. semacem belut gitu barangkali. saya juga kurang tau uling itu apa sebenernya. tapi enak kok. saya potongin atau rika mau potong sendiri?". STOOOOOPPPPPPP!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! saya cukup dengan ikan wader saja!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! "owh ngga usah pak. saya wader aja. ini juga belum tentu habis,". begitu kataku. huuufffffff...........mau makan aja susah yakk??? ngebikin susah sendiri sebenernya. LOL. tapi mau gimana lagi. liat si Uling aja jauh lebih ngga tega gw. bentuknya memang mirip belut, item, dan kurang tau juga pake bumbu apa. kalo yang bisa makan botok, yah .. bayangin aja belut dibumbuin trus dikukus alias dibotok. back to wader!!!! suapan pertama, lagi2 gw tarik nafas panjang. ngucapin bismillah kenceng2 dalam hati. tuh ikan padahal udah kegoreng tapi rasanya kebayang pas dia masih idup trus berenang kesana kemari. hiyaaaaa ............ niy gw browse-in bentuk ikannya kalo kalian ada yg ngga tau gimana bentuknya .....
36043d1230119462-image-upload-102-705545-1--772628 kebayangkan ... gimana mereka yang imut2 itu pas berenang kesana kemari??? gigitan pertama jujur aja gw sengaja merem. silly but really. yg jelas tanpa sepengetahuan boss2 dunk. plus suapan nasi yang super banyak barengan sama suapan si wader. ngga ketinggalan sayur lalapan terutama timun. dannnnn hasilnya ............ enak!!! hkhkhkhkhk LOL. ngga nyangka gw kalo namanya wader goreng enak banget. jauh lebih enak dari si udang yang kapan hari dimakan. 2nd bite, kriuukkksss!!!!!!!!! kena banget sama wader yg garing abis. mangsssttaaaabbbbb!!!!!!!!! [istilah gw n temen2 kalo lagi liat, makan, atau ngerasain sesuatu yang T-O-P B-G-T] secara ngga sadar gw keranjingan sama niy ikan. eh atau karena sambil ngobrol sama boss2 plus ukuran si wader yang kecil kali yah makanya ngga kerasa tuwh ikan. dan gw abisin tuwh wader sepiring penuh. hkhkhkhk ... asli gw ga sadar. baru kerasa pas udah abis dan si Boss nanya,"suka juga toh rika sama wader?" LOL. gw langsung ketawa sekaligus malu dalam hati. akhirnya cuma bisa senyum2 sendiri karena Boss2 hari itu ngga kebagian wader gara2 gw habisin dan di warung memang cuma sisa sepiring itu doank. hkhkhkhkh ... what an experience lah pokoknya!!!
so ... begitulah gw. a fish hater. dan sampe sekarang pun gw masih belum bisa makan ikan kecuali kalian nyodorin gw makanan dan ngga
bilang kalo itu ikan. hehehe. dan gw still don't get it kenapa gw ngga bisa makan ikan. selain ga tega liat bentuknya, rentan banget sama bau amis, duri, dan lainnya kalo yang masak ngga jago. but I still ... love Nemo [read : clown fish di film Finding Nimo], dolpino [read : dolphin], dan setia menanti kehadiran sang 'Nemo' [read : salah satu karakter di film Cintapuccino] gw ...
 
xixixixi .... [lebay ah gw!!!!].
nite all peops ....


Love You all ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Rika & friends ...