30 Des 2010

KALAEdoski : sweet 17th

Next on KALAedoski is the April. Bukan April mop atau perayaan lainnya. melainkan perayaan hari yang ditunggu-tunggu. HARI WISUDA GW!!!!!!!!!!!!! LoL

Buat yang pernah wisuda pasti merasakan euforia yang sama saya rasa. Perasaan lega sekaligus kepikiran akan next step pasti campur aduk di hari  yang sama. Yahhh.... diluar barangkali ada yang berpendapat hari wisuda itu tidak seberarti moment yudisium yang jauh lebih mengena di hati. I'll tell you what the differences between both. Dalam konteks jurusan saya di Universitas Brawijaya, Yudisium (note : bisa berarti berbeda disetiap kampus bahkan setiap fakultas bisa berbeda) biasanya diartikan sebagai jam-jam menegangkan pengumuman kita lulus atau tidak. momen menegangkan itu terjadi beberapa jam setelah schedule sidang usai. misalnya, ketika itu, hari sidang diadakan hari senin tanggal 4 januari 2010 dan direncanakan berakhir kira-kira pukul 3 sore, yudisium diadakan sejam kemudian yang berarti pukul 4 sore. berhubung gw dapet giliran sidang kloter I which meant jam delapan pagi, waktu "deg-deg an" diantara jam 8 sampe jam 3 sore gw pake buat pulang ke rumah just for a sleep!!!!!!!!!!! yeeessss ............ semalem sebelumnya gw nervous abis sampe2 tidur pun ga nyenyak. diluar rasa deg-deg an gw udah "sedikit' lega. paling tidak gw tau selama sejam didalam ruang sidang gw udah maksimal. mengeluarkan jurus2 pertahanan dan menyerang yang setajam silet (weks!!!!). bobo ciang pun berasa lega. as an alarm, gw titip ke temen2 gw buat bangunin jam 2 siang (FYI, gw tinggal sendiri di malang). persis jam 3 sore gw balik ke kampus dan menanti pengumuman hasil. yang ada dibayangin ketika itu udah bukan lagi nilai A sempurna atau bukan,tapi bisa dinyatakan lulus sudah alhamdulillah. dan sejam kemudian persis jam 4 sore para mahasiswa yang sidang hari itu dikumpulin di suatu ruangan dan didalamnya juga kumpul dosen2 yang hari itu menguji. dan akhirnya ..... setelah babibu Ketua Jurusan dan perwakilan dosen, secara resmi, kami semua dinyatakan LULUS!!!! alhamdulillah .... tidak ada yang tidak lulus. a credit for us. dan a bonus for me ketika nama gw disebut as one of student yang dapet nilai SEMPURNA. hihihihi...... bener-bener unpredictable. itulah yudisium. momen yang tidak seberapa seremonial tapi sakralnya melebihi wisuda itu sendiri.

meanwhile ... waktu wisuda gw jatuh tanggal 17 april 2010 (that's why i titled this post as sweet 17th). hari full ceremonial protokoler resmi apapun sebutannya ... karena memang tidak berencana membuat hari yang terlalu spesial, gw memang ga merencanakan acara foto wisuda di studio atau makan2 lunch di resto keluarga layaknya orang2. well, sebenernya siy pengen. studio sempet juga di-booked, tapi ngeliat yang hari itu ada beberapa kampus (bold on 'kampus' word) yang bikin acara wisuda sementara Malang adalah kota kecil dengan jumlah studio foto seiprit, pun memutuskan cukup foto-foto di depan landmark kampus (read : 'jam gadang' depan gedung rektorat kampus hehehe). cukup itu saja. dan sepertinya gw salah satu orang yang berpendapat momen yudisium itu jauh lebih sakral dari wisuda.

see the differences kan???  

dan setelah hari itu, gw resmi jadi pengangguran. yesss ... job seeker gituwh kata orang2. welcome to the jungle. well, apapun itu, gw udah ngelewatin one more step di hidup gw. bisa nyelesein kewajiban sekolah gw ke orang tua, sementara diluar sana banyak orang yang pengen sekolah tapi ga bisa atau ga ada kesempatan. yeah ... mungkin tidak terlalu sempurna siy remains of masa studi yang mepet abissssss. 17th april .... the sweetest one. ga ada tuh kepikiran pendamping wisuda yang kudu ada di hari itu, performance kebaya yang kece, atau makeup perfect yg edgy. yang ada cuma ikut seneng bisa liat papa, mama bangga sama anaknya. bisa keliatan setiap kali beliau berdua ketemu temen2 sejawat dan dengan bangganya bilang,"anak saya yg pertama lulusan UGM sekarang kerja di jakarta. anak bungsu saya lulusan brawijaya malang insinyur planologi baru aja lulus masih cari kerja" ... yup!!! pada akhirnya itu saja sudah membuat gw happy.


(smile)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Rika & friends ...